Sunday, April 19, 2009

Memulih Sistem (System Restore)

Kadang-kadang tanpa peringatan lebih dulu, komputer kita tiba-tiba mogok. Windows lagi mogok aksi. Biasanya karena masalah file yang corrupt atau system file yang terganggu, konflik sftware/driver, dll. Untuk menghadapi masalah seperti ini, biasakanlah untuk mem-backup system pada periode-periode tertentu. Sehingga bila tiba-tiba Windows bermasalash kita bisa mengembalikan kondisinya ke saat komputer kita masih fit. Fasilitas yang digunakan adalah System Restore, caranya:

Klik tombol Start (kiri bawah layar)
Klik All Programs
Pilih Accesories
Pilih System Tools
Klik System Restore
Akan muncul layar System Restore (klik disini untuk lihat gambarnya)
Klik pilihan Restore My Computer to an Earlier Time
Klik tombol Next di bagian kanan bawah
Akan muncul layar popup kalender. Pilih tanggal yang akan dipilih (tanggal dimana system pernah di backup, biasanya tanggalnya dalam format bold) yang kita tahu pada saat itu kondisi komputer segar bugar; lalu tekan tombol Next. (klik disini untuk lihat gambarnya)
Untuk meng-konfirmasi pilihan anda tekan tombol Next.
Proses Restore System dimulai. Bila selesai, maka komputer akan Restart secara otomatis.

Tips:
Biasakanlah membackup system secara berkala
Backup-lah system anda dalam kondisi yang baik, dan upayakan bebas dari virus. Karena bila tidak, maka pada saat di restore, virus yang ada juga ikut di restore.
Backup-lah system anda sebelum meng-install software baru, sehingga bila terjadi konflik dan komputer anda bermasalah, maka dapat segera dikembalikan ke kondisi semula.
Backup-lah system anda setelah menginstall software baru dan anda yakin aplikasi tersebut berjalan dengan baik. Itu berarti anda memiliki backup system dalam kondisi terbaru.
Untuk memudahkan menjalankan System Restore, buatlah shortcut-nya dan letakkan di desktop atau di "paku" (pin) di menu Start (Start->All Programs->Accesories->System Tools, kemudian klik kanan pada System Restore dan klik Pin to Start Menu).
Bila ada yang kurang jelas silahkan bertanya via milis (mailing list) Makassar Windows User. Di milis ini anda juga bisa bertanya probematika Windows dan MS Office lainnya.

0 comments: